ITPC Lagos Ajak Pelaku Usaha Indonesia Bertemu Ratusan Calon Pembeli dari Afrika Barat di TEI 2023

radarikn.id
  • Ilustrasi. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meluncurkan TEI ke-38 di Kantor Kementerian Perdagangan, Senin (10/7/2023).(Elza/Liputan6.com)
  • Selasa, 17 Oktober 2023 - 10:25 WIB | Azkayra

Jakarta, RADARIKN -- Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abuja membuka peluang ekspor untuk para pelaku usaha Indonesia. Caranya, dengan mengundang buyers (calon pembeli) dari beberapa negara di Afrika Barat untuk hadir dalam pameran Trade Expo Indonesia 2023 ke-38 pada 18–22 Oktober 2023 di BSD City,Tangerang, Indonesia.

“Kami membawa puluhan hingga ratusan calon pembeli dari Nigera, Ghana, Kamerun, Togo, Niger, Senegal dan Afrika Barat lainnya yang tertarik membeli produk dan jasa Indonesia, khususnya exhibitor resmi TEI. Mari manfaatkan peluang ini dan dapatkan potensi bisnis dengan bertemu mereka di TEI,” jelas Kepala ITPC Lagos Hendro Jonathan.

Hendro mengungkapkan, hingga 12 Oktober 2023 sebanyak 113 calon pembeli sudah berhasil mendapatkan VISA Indonesia untuk menghadiri TEI ke-38. Sebanyak 113 calon pembeli tersebut berasal dari Nigeria, Togo, Kamerun, Ghana, Niger dan Senegal. 

Para calon pembeli diperkirakan akan tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Indonesia pada 12 Oktober sampai dengan 21 Oktober. Selain itu, tiga Konsul Kehormatan Republik Indonesia di Kamerun, Ghana dan Togojuga dijadwalkan hadir pada TEI tahun ini.

Hendro menjelaskan, ITPC Lagos akan menyelenggarakan kegiatan penjajakan kesepakatan bisnis (one on one business matching) pada19 Oktober mendatang. Kegiatan tersebut akan menghadirkan dua calon pembeli dari Nigeria yang memiliki ketertarikan terhadap produk peralatan dapur dari plastik, makanan laut beku, alat pemadam api, peralatan cuci mobil, dan peralatan hidroponik. 

Sementara itu, terdapat juga satu calon pembeli dari Ghana yang memiliki ketertarikan pada produk minyak goreng, sarden kalengan, kembang gula, kain tekstil, kabel listrik, rempah-rempah, sabun, dan deterjen.

Selain itu, ITPC Lagos juga akan berpartisipasi pada seminar internasional peluang pasar dan investasi. Seminar tersebut dilaksanakan pada 20 Oktober 2023 sebagai upaya pengenalan pasar di Afrika Barat. Selanjutnya, terdapat juga Konsul Kehormatan dari beberapa negara di Afrika Barat. Nigeria, Ghana, Kamerun, dan Togo telah mengonfirmasi akan mendatangkan Konsul Kehormatan mereka pada TEI ke-38.

“Kami berharap penyelenggaraan TEI tahun ini lebih baik dan membawa lebih banyak peluang bisnis kepada peserta pameran TEI dan pelaku usaha. Sudah menjadi tugas kami sebagai bagian Kementerian Perdagangan untuk terus berupaya mempertemukan calon pembeli dengan pelaku usaha Indonesia, khususnya pada TEI ke-38,”tutup Hendro.

Total perdagangan antara Indonesia dan Nigeria tercatat sebesar USD 4,78 miliar pada 2022. Angka ini berkembang sebesar 90 persen dibandingkan pada 2021. Pada Januari—Agustus 2023, total perdagangan Indonesia dengan Nigeria sebesar USD 2,97 miliar, sedangkan ekspor Indonesia ke Nigeria sebesar USD341 juta. Angka tersebut naik 7,4 persen dibandingkan pada Januari—Agustus 2022.

Hal ini membuktikan, Indonesia dan Nigeria dapat berkerja sama meski di tengah kondisi politik dan keamanan global yang begitu dinamis dan cenderung membawa ketidakpastian ekonomi.

Baca Juga :

Leave a Comment