Komitmen Berkelanjutan: Hutama Karya Raih Prestasi di Pengelolaan Jalan Tol
- Hutama Karya berhasil meraih 2 (dua) penghargaan bergengsi, yang menunjukan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik di bidang pengelolaan jalan tol, yaitu Gold Reward Sertifikat Audit Sistem Manajemen Pengamanan Objek Vital Nasional dari Direktorat Pengamanan Objek Vital Baharkam Polri dan Pengelola Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A Terbaik III dari Kementerian Pekerjaan Umum.
Jakarta, RADARIKN -- PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali mencatatkan prestasi gemilang di penghujung tahun 2024.
Perusahaan berhasil meraih 2 (dua) penghargaan bergengsi, yang menunjukan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik di bidang pengelolaan jalan tol, yaitu Gold Reward Sertifikat Audit Sistem Manajemen Pengamanan Objek Vital Nasional dari Direktorat Pengamanan Objek Vital Baharkam Polri dan Pengelola Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A Terbaik III dari Kementerian Pekerjaan Umum.
Gold Reward Sertifikat Audit Sistem Manajemen Pengamanan Objek Vital Nasional dan Objek Tertentu, diberikan atas keberhasilan perusahaan dalam memenuhi standar pengamanan nasional yang ketat. Sertifikat ini diserahkan langsung oleh Kepala Korps Sabhara (Kakorsabhara) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri, Irjen. Pol. Drs. Mulia Hasudungan Ritonga, kepada Vice President (VP) Manajemen Risiko Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT), Linggo Handoyo, pada 22 Desember 2024 di Gedung Auditorium PT PLN (Persero).
Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menyampaikan bahwa penghargaan ini diperoleh setelah melalui audit komprehensif terhadap 5 (lima) elemen pengamanan dalam Sistem Manajemen Pengamanan (SMP) Obvitnas, yaitu kebijakan pengamanan yang terpadu, operasional pengamanan yang meliputi respons terhadap ancaman, teknologi keamanan, pelatihan dan pengembangan berkelanjutan personel, dan pengelolaan dan pelaporan dokumentasi pengamanan.
“Hutama Karya berhasil memperoleh skor 88,66% atas pengamanan di Jalan tol Akses Tanjung Priok, menunjukan bahwa perusahaan telah memenuhi standar tinggi pengamanan objek vital nasional yang ditetapkan oleh Polri,” ujar Adjib.
Lebih lanjut Adjib menyampaikan bahwa selain penghargaan di bidang pengamanan, Hutama Karya juga memperoleh penghargaan sebagai Pengelola Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A Terbaik III pada 3 Desember 2024 yang diberikan oleh Menteri Pekerjaan Umum, Dody Hanggodo, kepada Hutama Karya atas pengelolaan TIP atau rest area Km 215 Jalur A, Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung. Salah satu inovasi yang diapresiasi dan diakui adalah pengelolaan sampah terpadu organik dan anorganik yang telah berjalan dengan baik di rest area tersebut.
Penghargaan yang diterima ini menunjukan komitmen Hutama Karya dalam memberikan pelayanan yang lebih dari sekedar pembangunan infrastruktur. Perusahaan juga berfokus pada keberlanjutan, keamanan, dan kenyamanan operasional jalan tol, yang sejalan dengan Asta Cita Pemerintahan Presiden Prabowo, dalam membangun infrastruktur yang mendukung mobilitas, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menjaga stabilitas ekonomi nasional.
“Memasuki tahun 2025, Hutama Karya optimis dapat terus memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat. Kami percaya bahwa keberlanjutan dan keamanan infrastruktur adalah fondasi utama untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing global,” tutup Adjib Al Hakim, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.
Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi tata tertib yang berlaku, seperti berkendara dengan kecepatan antara 60 km/jam hingga maksimum 80 km/jam, serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.
Pengguna jalan diminta untuk segera beristirahat di tempat istirahat terdekat jika merasa mengantuk, dan melapor ke Call Centre masing-masing ruas tol apabila menemukan tindakan kejahatan atau masalah lainnya di jalan tol.
Leave a Comment