Dukung Industri Komik Lokal, Kemendag Berpartisipasi pada ICC 2023

radarikn.id
  • Foto dok Kemendag
  • Sabtu, 24 Juni 2023 - 16:25 WIB | Viozzy

Kementerian Perdagangan terus mendukung pengembangan industri komik Indonesia ke pasar ekspor. Kali ini, dukungan tersebut diwujudkan melalui partisipasi Kementerian Perdagangan dalam Pameran Indonesia Comic Con (ICC) 2023 yang diselenggarakan oleh Panorama Media di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 23—25 Juni 2023.

"Indonesia Comic Con adalah acara selebrasi yang selalu ditunggu oleh puluhan ribu penggemar budaya populer (pop culture). Sehingga, tidak salah jika acara ini bukan hanya untuk digemari tapi juga untuk berkarya,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Didi Sumedi.

Indonesia Comic Con merupakan acara pameran dan konvensi bagi para komikus serta penerbit dalam dan luar negeri untuk memamerkan kekayaan intelektual (Intellectual Property/IP), termasuk di dalamnya produk turunan dari IP komik mereka seperti film, animasi, gim, ataupun merchandise. 

Acara ini juga merupakan festival yang menampilkan berbagai macam budaya populer dari seluruh dunia, termasuk budaya populer barat (Hollywood) dan budaya populer Jepang.

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan Miftah Farid saat membuka kegiatan ini menerangkan, IP merupakan aset dalam pengembangan industri komik yang bisa diperdagangan lintas batas wilayah (cross-border) dan menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang menjadi alternatif sumber devisa negaradi masa depan.

“Kementerian Perdagangan memandang subsektor ini memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan dalam menggerakan ekonomi nasional khususnya meningkatkan ekspor Indonesia dalam sektor jasa dan kreatif,” jelasnya.

Industri komik, selain dikategorikan sebagai produk kreatif, juga dikategorikan ke dalam sektor jasa, misalnya dalam jasa teknologi informasi untuk pengembangan/pembuatan komik dan produk turunannya bagi perusahaan besar dari luar negeri.

Potensi industri komik di era digital mulai bangkit kembali dengan munculnya berbagai platform digital seperti Line Webtoon, Ciayo Comics, dan Ngomik.com. 

Adapun karya-karya komikus Indonesia yang terkenal pada saat ini adalah Si Juki karya Faza Meonk, Tahilalats karya Nurfadli Mursyid, Eggnoid karya Archie the Red Cat, Flawless karya Shinshinhye, dan My Pre-Wedding karya Annisa Nisfihani. 

Komik-komik Indonesia yang kini berfokus melalui platform digital dapat meningkatkan popularitasnya hingga ke mancanegara.

Miftah menyampaikan, Kementerian Perdagangan akan terus mendorong dan mendukung program dan kegiatan yang bertujuan meningkatkan pengembangan komik karya anak bangsa agar berjaya di pasar dalam dan luar negeri. “Kementerian Perdagangan meyakinimelalui kolaborasi dengan semua pihak, kemajuan industri komik buatan Indonesia dapat tercapai, bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, dan memberikan efek positif bagi perekonomian Indonesia,”pungkas Miftah.

Leave a Comment