Mother Policing

radarikn.id
  • Irjen Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si. (Foto dok Istimewa)
  • Selasa, 03 Oktober 2023 - 13:35 WIB | Azkayra

Jakarta, RADARIKN -- Mother policing merupakan model pemolisian dengan pendekatan kasih ibu. Polisi melalui pemolisiannya berupaya bagi kemanusiaan keteraturan sosial maupun peradaban.

Mother policing salah satu model pengembangan pemolisian dalam mentransformasi kesadaran, tanggung jawab maupun disiplin bagi terbangunnya budaya patuh hukum melalui dialog peradaban dalam tindakan: preemtif, preventif, represif maupun rehabilitasi.

Spirit kasih ibu menjadi model harmoni dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Kasih ibu yang tulus dalam melayani, melindungi, mengayomi yang rela berkorban bagi anak-anaknya ini yang menjadi model spirit pemolisian.

Ibu dengan penuh kasih sayang berjuang bagi kemaslahatan anak-anaknya, demikian halnya polisi bagi meningkatnya kualitas hidup masyarakat. 

Program-program pemolisian dengan model mother policing, diharapkan polisi berupaya memahami, melayani, bahkan berkorban bagi warga yang dilayani.

Implementasi mother policing ini bisa memberdayakan kearifan lokal, yang sesuai corak masyarakat dan kebudayaannya. Dapat memberdayakan potensi maupun sumber daya yang ada, misalnya: guru, akademisi, pakar, media, kelompok-kelompok kemasyarakatan, sektor bisnis, DPRD, Pemerintah Daerah dan sebagainya.

Mother policing dapat diimplementasikan melalui: edukasi, training dan coaching secara luring maupun daring. Mother policing dapat diimplementasikan melalui program program :

1. Polisi sahabat anak

2. Diseminasi guru

3. Polisi cilik

4. Taman lalu lintas

5. Cara aman ke sekolah

6. Art policing

7. Pembinaan komunitas

8. Ibu peduli

9. Pameran

10. Sosialisasi

11. Safety driving centre

12. Program program cooling system

13. Forum atau dewan sebagai wadah atau board bagi pemolisian

14. Lomba maupun kegiatan kegiatan sosial kemasyarakatan

15. Rekayasa sosial / social engineering

16. Police go to campus

17. Police go to school

18. Berbagai program dan kegiatan kemitraan 

19. Operasi kepolisian yang terpusat maupun kewilayahan

20. Kegiatan rutin yang ditingkatkan

21. Berbagai model pemolisian lainnya 

Model pemolisian dengan spirit kasih ibu mengedepankan dialog dalam mencapai keutamaan dalam pemolisian (kemanusiaan, keteraturan sosial, dan peradaban).

Di era vuca, model pemolisian tidak sebatas memanage melainkan mengharmonikan model orkestra. Para pemimpin dalam mengharmonikan pemolisian setidaknya mampu sebagai arranger maupun dirijen untuk terwujud dan terpeliharanya keteraturan sosial, tegaknya hukum, terbangunnya budaya patuh hukum, dan mampu memberikan pelayanan kepada publik secara prima.

Cdl

Baca Juga :

Digital Leadership: Jago Sosial?
  • Senin, 17 Juni 2024 - 12:25 WIB
Mengapa Digital Leadership Harus Disiapkan?
  • Jumat, 14 Juni 2024 - 20:50 WIB
Media Policing
  • Selasa, 11 Juni 2024 - 07:55 WIB

Leave a Comment