Jajaran Dewan Komisaris Pertamina yang Baru, Simon Aloysius Gantikan Ahok

radarikn.id
  • Simon Aloysius Mantiri mengisi kekosongan jabatan Komisaris Utama Pertamina yang sebelumnya dijabat oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. (Foto: istimewa)
  • Senin, 10 Juni 2024 - 17:05 WIB | Cw1

Jakarta, RadarIKN -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham PT Pertamina (Persero) mengukuhkan dua sosok baru dalam Dewan Komisaris Pertamina. Keduanya yakni, Simon Aloysius Mantiri sebagai Komisaris Utama Pertamina dan Condro Kirono sebagai Komisaris Independen Pertamina.

Hal ini ditetapkan pada saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Buku 2023 PT Pertamina (Persero) yang dilaksanakan hari ini, Senin (10/06).

“Kementerian BUMN selaku pemegang saham memutuskan untuk melakukan perubahan pada susunan Dewan Komisaris Pertamina,” tulis Persero dalam keterangan tertulis, Senin (10/06).

Posisi Simon mengisi kekosongan jabatan Komisaris Utama Pertamina yang sebelumnya dijabat oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Simon Aloysius Mantiri merupakan Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra. Ia tercatat juga sempat menjabat sebagai Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres Kemarin.

Dalam hal karier, berdasarkan hasil penemuan dalam akun LinkedIn miliknya, Simon merupakan Personal Assistant to The CEO PT Nusantara Energy.

Sebagai informasi, sebelumnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok telah mundur dari jabatannya sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero) pada awal Februari 2024 kemarin. Hal itu diumumkan Ahok dalam akun Instagram pribadinya.

Dalam postingan @basukibtp itu, Ahok juga memamerkan surat pengunduran dirinya hari ini. Surat itu berkop PT Pertamina.

Unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri saya sebagai Komisaris Utama PT.Pertamina (Persero) yang saya serahkan hari ini, 2 Februari 2024, tulis Ahok dalam Instagramnya, dikutip Jumat (2/2/2024) lalu.

Ahok menjelaskan mundurnya ia dari jabatan Komut Pertamina karena mendukung Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebagai Capres-Cawapres 2024. Kala itu dirinya juga mengaku akan turun langsung berkampanye mendukung pasangan tersebut.

Berdasarkan hasil RUPS hari ini, maka susunan Dewan Komisaris Pertamina adalah sebagai berikut:

1. Komisaris Utama & Independen: Simon Aloysius Mantiri
2. Komisaris Independen : Condro Kirono
3. Komisaris : Heru Pambudi
4. Komisaris : Letjen TNI (Mar) (Purn) Bambang Suswantono,SH,MH,M.Tr. (Han)
5. Komisaris Independen : Alexander Lay
6. Komisaris Independen : Ahmad Fikri Assegaf
7. Komisaris Independen : Iggi H. Achsien.

Baca Juga :

Leave a Comment