Pasokan Listrik, Air, Gas Hingga Internet Dipastikan Tersedia Sebelum 17 Agustus

radarikn.id
  • PUPR pastikan pasokan listrik, air, jaringan gas, hingga jaringan internet dipastikan sudah tersedia di IKN sebelum 17 Agustus 2024. (Foto: istimewa)
  • Sabtu, 15 Juni 2024 - 14:30 WIB | Cw1

Jakarta, RadarIKN -- Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi venue perhelatan Upacara Hari Kemerdekaan Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 mendatang. Pasokan listrik, air, jaringan gas, hingga jaringan internet dipastikan sudah tersedia di IKN sebelum hari H.

"InsyaAllah. (Jalan full?) Iya, iya. (Air bersih semuanya?) iya," kata Kepala Satgas Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian PUPR, Danis H. Sumadilaga, Jumat (14/06) kemarin.

Terkait pasokan air bersih, Danis seperti dilansir dari detikcom, menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah memasang pompa air untuk mengalirkan air bersih ke wilayah IKN.

Nantinya jika pompa sudah terpasang, air akan dipompa ke reservoir atau tempat penyimpanan sebelum akhirnya disalurkan ke persil-persil yang ada di IKN. "Tapi kurang lebih 30 Juni itu siap untuk diuji coba," ujarnya.

Adapun, sumber air yang digunakan berasal dari Bendungan dan Intake Sepaku Semoi. Untuk tahap pertama, sumber air yang digunakan berasal dari Intake Sepaku dengan kapasitas tahap awal 300 liter per detik. Lalu, tahap kedua akan mulai mengambil dari Bendungan Sepaku Semoi dengan kapasitas 300-350 liter per detik sehingga nanti kapasitas air keseluruhan sekitar 600-650 liter per detik.

"Jadi untuk tahap awal ini, tadi pompa sudah datang, uji coba, nah ini mudah-mudahan minggu kedua Juli air itu bersih sudah terdistribusi ke persil, ke kavling," ungkapnya.

Tak hanya air, ia juga memastikan jaringan gas sudah terpasang di IKN. Nantinya, penduduk di sana tidak perlu menggunakan tabung gas lagi sebagai bahan bakar untuk memasak, sebab sudah ada jaringan gas.

"Kemarin saya di sana juga memastikan juga bukan hanya air, tetapi listrik, kemudian Pertamina gas juga masang untuk memastikan bahwa ada gas. Kalau komunikasi sih sudah masang," ujarnya.

Leave a Comment