Hutama Karya Perbaiki Jalan dan Salurkan Sembako Untuk Dua Lokasi Dekat Proyek di Jawa Tengah

radarikn.id
  • Foto dok PT Hutama Karya
  • Senin, 15 Juli 2024 - 13:50 WIB | Puji Harpa

Jakarta, RADARIKN -- Kembali melakukan aksi peduli melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) HK Peduli Sosial, selama bulan Juli 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) melakukan pemberian dukungan perbaikan infrastruktur berupa Pavingisasi Jalan Desa Banyumeneng sepanjang ±500 Meter di Kabupaten Demak dan kebutuhan pokok 2.000 paket Sembako kepada masyarakat pra-sejahtera di sekitar wilayah Kota Magelang dan Kabupaten Kebumen – Jawa Tengah, yang akan disalurkan melalui Persatuan Teqball Seluruh Indonesia (POTSI).

Serah terima simbolis kedua bantuan tersebut dilakukan oleh Kepala Unit TJSL Hutama Karya, Agus Kosasih kepada Ketua Yayasan Bangun Putra Bangsa (Batrasa) Ahmad Rosidin didampingi oleh Ketua RT 07 dan Tokoh Masyarakat Desa Banyumeneng pada Kamis (4/7) untuk Pavingisasi Jalan Desa. Sementara untuk bantuan sembako diterima langsung oleh Ketua POTSI, Dr. Eka Yuli Astuti pada Sabtu (6/7) bertepatan dengan Pesta Budaya – Mahakarya Sumbing Art, Ritual and Culture Performance di Gedung Jaya Wisastran, Nepal Van Java – Magelang, Jawa Tengah. 

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan bahwa pemberian dukungan TJSL dengan total lebih dari Rp 500 juta ini bertujuan untuk menghadirkan akses infrastruktur penunjang jalan desa yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat pra-sejahtera.

“Dua lokasi ini kami pilih karena berdekatan dengan sejumlah Proyek Hutama Karya yakni Pembangunan Jembatan Kaligawe, Tol Semarang – Demak Seksi 1A dan Pembangunan RS Sardjito di Yogyakarta. Ini adalah bentuk komitmen tanggung jawab sosial Hutama Karya atas dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat terhadap kelancaran proyek kami,” ujar Adjib. 

Lebih lanjut Adjib menyampaikan bahwa untuk pavingisasi jalan desa, Hutama Karya menyuplai sejumlah bahan baku material berupa semen, pasir, dan paving beton. Sebelumnya, dari hasil survei yang dilakukan, kondisi jalan yang merupakan akses utama di Desa Banyumeneng ini dalam keadaan rusak dan berlubang, serta dapat menimbulkan genangan air saat hujan tiba.

“Dengan dilakukannya pavingisasi ini akan menunjang aktivitas sosial dan ekonomi di desa tersebut serta membuka akses mobilitas masyarakat desa menuju kota. Dalam pengerjaannya, Hutama Karya juga melibatkan langsung tenaga ahli dari pihak Desa Banyumeneng dan Yayasan Batrasa. Pengerjaan ini akan dimonitor perusahaan hingga rampung dan memberikan dampak berkelanjutan,” imbuh Adjib.

Sementara untuk dukungan 2000 Paket Sembako, Hutama Karya berkolaborasi dengan Perum Bulog untuk menjamin kualitas sembako terbaik diberikan. 

“Paket sembako yang kami sediakan terdiri dari 5kg beras premium, 500 gram gula pasir, kopi, mie instan, dan 2 liter minyak goreng. Paket sembako ini disalurkan oleh POTSI secara bertahap selama satu minggu kepada masyarakat Pra-Sejahtera di Kota Magelang dan Kabupaten Kebumen. Ada 100 desa dengan total sekitar 2.000 Kepala Keluarga yang akan menerima paket sembako dari Hutama Karya ini,” tutup Adjib Al Hakim, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Ahmad Rosidin selaku Ketua Yayasan Batrasa menyampaikan apresiasi atas langkah Hutama Karya dalam penyediaan dukungan Pavingisasi Desa. 

“Adanya bantuan ini akan sangat membantu aktivitas warga khususnya di RT.07, RT.08 dan RT.09 di Desa Banyumeneng serta semakin membuka akses mereka menuju kota,” ucap Ahmad. 

Leave a Comment