HUT RI Ke-79, Pertamina Wujudkan Energi Baru Untuk Indonesia Maju

radarikn.id
  • Perwira Pertamina melaksanakan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Lapangan Kantor Besar Kilang Pertamina International RU V, Balikpapan, Kalimantan, Sabtu (17/8/2024).
  • Sabtu, 17 Agustus 2024 - 11:00 WIB | Deka

Balikpapan, RADARIKN -- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI), PT Pertamina (Persero) menggelar upacara kemerdekaan yang berlangsung di kawasan Refinery Development Master Plan (RDMP) Refinery Unit (RU) V Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Upacara Hari Kemerdekaan ini, dipimpin langsung oleh Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, dan diikuti oleh Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini, Direktur Manajemen Risiko Ahmad Siddik Badruddin, beserta seluruh jajaran Direksi, Manajemen dan Perwira di lingkungan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dan PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB).

Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya bisa memperingati Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di RDMP Kilang Pertamina Balikpapan. Ia berpesan kepada seluruh Perwira Pertamina untuk terus semangat, menjaga ketahanan energi nasional.

“Semangat terus, semoga kilangnya bisa segera selesai, dan terus berjuang untuk Indonesia yang lebih baik dan ketahanan energi nasional,” ungkap Kartika.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini menyatakan bahwa peringatan HUT RI ke-79 hendaknya disikapi dengan semangat membangun ketahanan energi, guna terwujudnya pembangunan energi yang berkelanjutan.

“Dan tentunya Pertamina dengan energizing you terus membangun negeri dengan berkelanjutan. Semangat untuk seluruh Perwira Pertamina, semangat terus untuk membangun negeri ini dengan sepenuh jiwa raga, dan sepenuh hati. Semangat terus untuk seluruh Perwira Pertamina. Dirgahayu Republik Indonesia, Nusantara Baru Indonesia Maju,” ujar Emma Sri Martini.

Sementara itu, Direktur Manajemen Risiko Ahmad Siddik Badruddin menyatakan bahwa Pertamina juga mempersiapkan ‘hadiah’ di Hari Kemerdekaan berupa komitmen untuk melaksanakan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) tahun 2025-2029. Hal itu sebagai upaya meningkatkan ketahanan energi nasional dan menyongsong pendukungan terhadap pelaksanaan bauran energi baru dan terbarukan di tahun mendatang. “Dirgahayu Republik Indonesia. Energi Baru Untuk Indonesia Maju,” pungkas Siddik.

 

Upacara Pertamina di Jakarta


Sementara itu, Pertamina juga menggelar Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor Pusat Pertamina Jakarta. Seluruh Perwira yang berlokasi kerja di Jabodetabek hadir dalam upacara itu.

Wakil Direktur Utama Pertamina Wiko Migantoro sebagai Pembina upacara mengungkapkan bahwa tema perayaan HUT RI kali ini Nusantara Baru Indonesia Maju dengan membawa makna agar segenap rakyat Indonesia memiliki semangat baru yang besar dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan khususnya dalam HUT ke-79 yang menjadi sebuah batu loncatan besar bagi Indonesia, menuju Indonesia Emas 2045.

“Tema Energi Baru untuk Indonesia Maju berasal dari semangat yang sama untuk menyatukan energi dan serentak bergerak untuk mewujudkan ketahanan energi yang dapat menyokong kemajuan bangsa,” ujarnya.

Pertamina sebagai lokomotif energi nasional berperan mendorong laju pertumbuhan bangsa. Pertamina sebagai perusahaan penyedia energi yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan lini bisnis dan operasionalnya yang sangat masif, berpotensi menjadi cerminan dari kolaborasi dan harmoni masyarakat Indonesia untuk melangkah mencapai satu tujuan, Indonesia Emas 2045.

Tahun 2024, Wiko menjelaskan, Pertamina berhasil menorehkan  pencapaian kinerja tertinggi  di tengah tantangan dunia industri. Pertamina mengharumkan nama Indonesia, dengan kokoh berdiri di peringkat 165 Fortune Global 500 sebagai satu-satunya perusahaan Indonesia.

“Ini adalah salah satu kado dari Pertamina untuk ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Prestasi ini juga menggambarkan komitmen Pertamina dalam menghadapi berbagai perubahan global, termasuk transisi energi dan tantangan lingkungan.”

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Leave a Comment