Sukses Digelar di Jakarta, PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 Hadir di Balikpapan, Dorong Pertumbuhan UMKM di Kalimantan Timur

radarikn.id
  • Ilustrasi. PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024
  • Jumat, 19 Juli 2024 - 09:55 WIB | Azkayra

Balikpapan, RADARIKN – Setelah sukses menggelar Pasar Digital (PaDi) UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 secara onsite di Jakarta pada tanggal 11 hingga 14 Juli 2024, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melanjutkan acara ini di Balikpapan, Kalimantan Timur yang bertempat di Mall e-Walk dari tanggal 18 hingga 21 Juli 2024. PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 hadir untuk memperkuat kolaborasi antara BUMN Group dan UMKM serta menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting dalam sambutannya menyampaikan bahwa PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference tahun 2024 diharapkan tidak hanya dapat mendukung pemasaran produk-produk UMKM, tapi juga dapat mendukung pengembangan UMKM secara lebih luas, di antaranya yaitu dengan menambahkan Business Matching dan Conference dengan tujuan dapat meningkatkan wawasan dan kapabilitas UMKM, serta memperluas jaringan UMKM. 

“Selain itu, tahun ini PaDi UMKM Expo juga diadakan di daerah. Harapan kami, dengan diselenggarakannya PaDi UMKM Hybrid Expo dan Conference 2024 di kota Balikpapan, dapat mendorong kemajuan UMKM dan perekonomian di Balikpapan dan Kalimantan Timur,” lanjut Loto.

Hingga 17 Juli 2024, total keseluruhan transaksi PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 secara offline dan online mencapai 1.818 Purchase Order (PO) dengan nilai transaksi Rp9,7 miliar yang tercatat melalui platform PaDi UMKM. 

“Kami harapkan PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 dapat melampaui angka tahun lalu yang mencapai Rp18,7 miliar,” ucap Loto. 

PaDi UMKM terus dikembangkan menjadi platform pengadaan kelas enterprise yang dapat dioptimalkan penggunaannya oleh Pemerintah, BUMN, dan industri nasional, dengan pengadaan yang memihak pada industri nasional terutama UMKM. 

“Fitur PaDi UMKM telah banyak berevolusi dimana saat ini sudah terdapat fitur PO Financing dan Invoice Financing. Pengembangan ini tentunya didasari dari masukan pelaku UMKM dan Buyer Group,” ujar Loto.

Senada dengan hal tersebut, perwakilan BUMN Penyelenggara, VP Synergy Telkom Indonesia, Candra Kusuma Wardhana menyebutkan bahwa platform PaDi UMKM menjadi wadah yang sangat penting dalam mempertemukan pelaku UMKM dan BUMN sehingga terjadi transaksi B2B. 

“Dengan adanya platform PaDi UMKM maka tercipta kolaborasi bagi para stakeholder yang semakin akuntabel dan transparan,” ujar Candra. 

Penyelenggaraan PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference di Balikpapan menjadi momentum penting bagi perkembangan UMKM di Kalimantan Timur. Provinsi Kalimantan Timur menjadi penyumbang UMKM terbanyak di Pulau Kalimantan, terutama Kota Balikpapan yang menjadi daerah yang memiliki industri perekonomian yang cukup pesat. Acara ini diharapkan dapat membuka peluang baru bagi UMKM di Kalimantan Timur, khususnya di Balikpapan untuk memperluas pasar dan meningkatkan kualitas produk UMKM.

“Masyarakat Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan sangat welcome dengan acara bazar UMKM seperti ini, karena latar belakang warganya yang sangat beragam sehingga kita membutuhkan UMKM yang sangat beragam. Harapannya acara ini dapat mematik motivasi pelaku UMKM di Kalimantan Timur,” ujar Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Prof. Dr. Akmal Malik, M.Si. dalam sambutannya. 

PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 diikuti oleh 560 pelaku usaha UMKM dari seluruh Indonesia yang merupakan binaan BUMN dan organisasi/lembaga mitra Kementerian BUMN, seperti Dekranas, HIPMI, IWAPI, Muhammadiyah, NU, Bank Indonesia Perwakilan Jakarta, Jakpreneur, Kementerian Informasi dan Komunikasi, Kementerian Koperasi dan UKM, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Otoritas Ibu Kota Nusantara, dan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur, yang menghadirkan berbagai jenis produk, seperti kuliner, fashion dan seni/kerajinan.

Di dalam rangkaian kegiatan PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference juga ada sesi talk show dan workshop yang dikemas dengan diskusi menarik seputar best practices dalam pembinaan UMKM, termasuk aspek digitalisasi, akses keuangan, serta akses pasar. 

PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 ini akan berlangsung secara daring hingga 10 Agustus 2024 di aplikasi PaDi UMKM atau website www.padiumkm.id. Rangkaian acara PaDi UMKM hybrid expo & conference 2024 yg didukung oleh Pertamina, Telkom, Angkasa Pura 2, PT Pembangunan Perumahaan (PT PP), Jasa Marga & Biofarma ini, diharapkan dapat memperkuat ekosistem UMKM agar dapat masuk dalam sistem pengadaan barang/jasa BUMN dan industri, serta dapat naik kelas go global. 

Baca Juga :

Leave a Comment