Pertamina Edukasi Keuangan Lewat Pertiwi Energizing Forum Series #3: Financial Literacy Week 2024

radarikn.id
  • Peserta Financial Literacy Week 2024 antusias mengikuti rangkaian kegiatan
  • Jumat, 02 Agustus 2024 - 18:20 WIB | Puji Harpa

Jakarta, RADARIKN -- Mengedukasi pengelolaan keuangan, PT Pertamina (Persero) melalui Komunitas PERTIWI menggelar Financial Literacy Week 2024 di Grha Pertamina, Jakarta.

Kegiatan ini merupakan upaya Pertamina untuk memberi pemahaman pengelolaan keuangan kepada seluruh Pekerja dan Mitra Kerja Pertamina, sehingga semakin bijak mengelola keuangan dan tidak terjebak investasi 'bodong'.

Komunitas Pertiwi adalah komunitas yang mendukung pemberdayaan dan kepemimpinan perempuan (women empowerment dan women leadership ). Komunitas ini juga merupakan bagian dari Srikandi BUMN di lingkungan Pertamina Group). Pada acara ini, Pertiwi berkolaborasi dengan Investor Relation, serta Industrial Relation, Compensation & Benefit Pertamina, dan Pertamina Corporate University.

Menurut Emma Sri Martini Direktur Keuangan Pertamina yang sekaligus sebagai Ketua PERTIWI Pertamina, program ini adalah bagian dari gerakan afirmatif untuk mendukung kesejahteraan pekerja Pertamina (employee wellbeing). "Program ini dirancang untuk memberdayakan Perwira (sebutan untuk Pekerja Pertamina) dalam mengelola keuangan dengan bijak, mempersiapkan masa depan finansial, serta melindungi diri dari risiko investasi yang tidak berizin," ujar Emma, saat Pembukaan Financial Literacy Week 2024, awal pekan, Senin (29/7/2024).

Acara yang digelar selama sepekan pada 29 Juli - 2 Agustus 2024 dihadiri ribuan Perwira. Rangkaian acara ini terdiri dari 15 sesi talkshow terkait literasi keuangan, konsultasi keuangan atau "1-on-1 financial coaching clinic", serta diramaikan oleh booth dari Tugu Insurance, Patra Jasa, Pertalife, ANTAM, OJK, dan Bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

Pada sesi talkshow, dibuka dengan pemaparan dari Direktur Literasi dan Edukasi OJK, Bp Horas V. M. Tarihoran, serta sesi diskusi dengan Investor Saham Ellen May dan emiten Pertamina Grup yang telah melantai di bursa saham (PGAS, PGEO, TUGU, ELSA), serta narasumber keuangan lainnya.

"Dengan literasi keuangan yang lebih baik, kami berharap para perwira dapat lebih cerdas dalam menggunakan produk keuangan dan mengelola keuangan pribadi mereka dengan lebih baik. Jika keuangan pribadi stabil, produktivitas kerja pun akan meningkat," jelas Emma.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, Kegiatan ini menjadi wujud komitmen Pertamina dan para Perwira untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensinya, hingga pemahaman bidang keuangan, serta kesejahteraan pekerja.

"Pertamina sebagai perusahaan berkelanjutan menjaga keberadaan Perwiranya, termasuk untuk dapat meningkatkan aktualisasi dirinya. Kegiatan semacam ini diharapkan menjadi motivasi bagi Perwira, sehingga dapat bekerja lebih baik dan memberi pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat," jelas Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Leave a Comment