Pertamina Creativepreneur Summit 2024: Masa Depan Pertamina Milik Generasi Muda

radarikn.id
  • Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha Pertamina Salyadi Saputra di Pertamina Creativepreneur Summit 2024, Sabtu (24/08/2024), paparkan pentingnya peran generasi muda untuk menjalankan bisnis Pertamina yang berkelanjutan.
  • Minggu, 25 Agustus 2024 - 20:15 WIB | Puji Harpa

Jakarta, RADARIKN -- PT Pertamina (Persero) sebagai perusahaan energi di Indonesia terus mendorong Perwira Muda Pertamina menjadi penerus dalam mengembangkan energi berkelanjutan.

Hal tersebut sejalan dengan strategi bisnis Pertamina untuk memperkuat ketahanan energi dan membangun bisnis rendah karbon.

"Dalam menjalankan bisnis Pertamina ke depan sangat dibutuhkan kreativitas dan inovasi. Hal ini dilakukan agar Pertamina bisa mengembangkan energi alternatif dengan biaya yang terjangkau. Artinya, energi alternatif ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh kalangan masyarakat," ujar Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina Salyadi Saputra, pada Sabtu, 24 Agustus 2024, dalam gelaran Pertamina Creativepreneur Summit 2024, di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Salyadi menyampaikan, Pertamina mendorong Perwira (sebutan untuk pekerja Pertamina), generasi muda,  untuk berkarya, terutama menuangkan kreativitas dan inovasinya untuk bisnis yang berkelanjutan.

"Meskipun Pertamina adalah perusahaan BUMN, bukan berarti pekerjaannya membosankan. Justru kami memberikan kesempatan kepada generasi muda tempat untuk berkarya memberikan kontribusi kepada perusahaan dan negara pada akhirnya," terang Salyadi.

Pada ajang tersebut, Salyadi membeberkan inovasi-inovasi yang telah dicapai Pertamina dalam mengembangkan bisnis masa depan rendah karbon, seperti bahan bakar dengan campuran nabati yakni Biofuel, Biodiesel, Pertamax Green, dan Bioavtur Sustainable Aviation Fuel (SAF).

"Biodiesel dan Pertamax Green sudah dipasarkan, sedangkan SAF sudah berhasil diujicobakan di pesawat komersil. Selanjutnya, rantai nilai Carbon Capture Utilization and Storage (CCS/CCUS) yang terintegrasi memberikan keunggulan kompetitif untuk mendukung dekarbonisasi domestik dan menjadi pemain regional. Selain itu, inisiatif Nature Based Solution (NBS) dan Potensi Bisnis Kredit Karbonnya, serta masih banyak lagi peluang bisnis rendah karbon," ungkap Salyadi.

Salyadi berharap agar seluruh Perwira Pertamina, khususnya generasi muda, semangatnya harus tetap sama dan tetap kreatif.

"Untuk itu, kami mendorong terus komitmen para Perwira Muda Pertamina untuk menuangkan ide-ide kreatif dan berinovasi karena Pertamina di masa depan adalah milik para Perwira Muda Pertamina," tutur Salyadi.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menambahkan, Perwira Pertamina saat ini didominasi oleh gen milenial dan gen Z di berbagai kompetensi, di seluruh operasional Pertamina. "Perwira Muda Pertamina menjadi sumber energi. Perwira muda ini akan agent of change untuk memperkuat bisnis keberlanjutan Pertamina," jelas Fadjar.

Pertamina Creativepreneur Summit 2024 saat ini tengah digelar di Jakarta Convention Center, Jakarta, pada 24-25 Agustus 2024. Acara ini mempertemukan berbagai pelaku industri kreatif untuk saling bertukar ide dan pelajar, dengan lebih dari 80 creative leaders di berbagai industri.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Leave a Comment