Hutama Karya Raih Rekor MURI dan Penghargaan Autodesk ASEAN Innovation Awards 2024 pada Proyek Strategis IKN

radarikn.id
  • PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali mengukir prestasi di dunia konstruksi dengan meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas keberhasilan dalam mencatatkan dua rekor sekaligus yakni Pekerjaan Antar Lantai Rumah Susun Tercepat dan Pekerjaan Dinding Fasad, Kolom, dan Tangga Terintegrasi Rumah Susun Tercepat pada proyek Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun ASN 2 di Ibukota Nusantara (IKN).
  • Kamis, 19 September 2024 - 14:15 WIB | Puji Harpa

Jakarta, RADARIKN -- PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali mengukir prestasi di dunia konstruksi dengan meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas keberhasilan dalam mencatatkan dua rekor sekaligus yakni Pekerjaan Antar Lantai Rumah Susun Tercepat dan Pekerjaan Dinding Fasad, Kolom, dan Tangga Terintegrasi Rumah Susun Tercepat pada proyek Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun ASN 2 di Ibukota Nusantara (IKN).

Selain itu, juga berhasil meraih penghargaan internasional sebagai Top Entry sekaligus Grand Winner pada ajang Autodesk ASEAN Innovation Awards 2024.

Penghargaan atas rekor tersebut, diserahkan langsung oleh Senior Manager MURI, Triyono kepada Direktur Operasi II Hutama Karya, Gunadi didampingi Executive Vice President Divisi Gedung Hutama Karya, Nyoman Endi Mahendra di proyek Rusun ASN 2 IKN, Rabu (11/9).

Pada kesempatan yang sama, Hutama Karya juga dianugerahi 2 Million Safe Working Hours atas proyek Rusun ASN 2 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), yang diserahkan oleh Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Aswin Grandiarto Sukahar.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menjelaskan pencapaian rekor ini didasari pada kecepatan dan kualitas proses konstruksi, terutama dalam penyelesaian pekerjaan antar lantai dan integrasi struktur bangunan seperti dinding fasad, kolom, dan tangga. Proses tersebut didukung dengan penerapan teknologi konstruksi, sehingga pengerjaan komponen-komponen antar lantai diselesaikan selama 4 hari, memecahkan rekor waktu pengerjaan tercepat di Indonesia.

“Penghargaan ini tidak hanya menunjukkan keberhasilan dalam penyelesaian proyek secara efisien, tetapi juga komitmen perusahaan dalam memberikan hasil terbaik sesuai dengan target waktu dan kualitas serta mengedepankan keselamatan kerja,” ujar Adjib.

Selain penghargaan dari MURI, Hutama Karya juga meraih penghargaan di tingkat internasional untuk kategori Better World Builder of the Year Award yang diterima oleh Robby Kurniawan, Manager Building Information Modeling (BIM) Divisi Gedung Hutama Karya di Hilton Hotel, Kuala Lumpur, pada Senin (26/8).

Penghargaan ini diberikan terhadap inovasi pada proyek RS IKN yang dikerjakan melalui konsorsium Adhi-HK KSO atas inisiasi dan pengajuan oleh Hutama Karya. Inovasi tersebut mendapatkan pengakuan internasional atas penerapan BIM yang berfokus pada keberlanjutan dan efisiensi yang dinilai unggul oleh panel juri internasional yakni BIM Director at Oriental Consultants Global, Jose Lorenzo Afable; VP, APAC, and Japan Sales of Autodesk, Haresh Khoobchandani; serta Managing Director of Autodesk for the ASEAN region, Ivy Rayner.

Adjib menjelaskan bahwa pada ajang ini, menetapkan Hutama Karya sebagai pemenang terbaik yang mewakili Indonesia, bersanding dengan perwakilan dari Malaysia dan Vietnam, sekaligus menjadi momen pengakuan di tingkat ASEAN atas kontribusi perusahaan dalam memajukan teknologi konstruksi berbasis green construction.

Di momen berikutnya, Hutama Karya juga berkesempatan menjadi salah satu Esteemed Speaker pada ajang The Autodesk Design & Make Summit 2024 yang diwakili oleh Manager BIM Divisi Gedung Hutama Karya, Robby Kurniawan; Officer Digital Construction, Salsabil Wahyu Widigda; dan BIM Coordinator untuk Proyek RS IKN, Adam Rizky C., di Hilton Hotel, Kuala Lumpur, Selasa (27/8).

Hutama Karya menyampaikan peran penting BIM dalam mendorong interoperabilitas perangkat lunak, platform, dan alat digital lainnya dalam industri konstruksi. Melalui presentasi yang disampaikan oleh tim Hutama Karya, implementasi BIM tidak hanya berhasil mengoptimalkan biaya, mutu, dan waktu pelaksanaan proyek, tetapi juga berperan dalam mengelola risiko serta mendukung pembangunan konstruksi berkelanjutan dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

“Atas penghargaan dan partisipasi dalam ajang internasional ini, menegaskan komitmen Hutama Karya untuk terus berinovasi, menciptakan dampak positif bagi industri konstruksi dan masyarakat luas menuju masa depan yang semakin berkelanjutan,” tutup Adjib Al Hakim, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya.

Leave a Comment