Perkuat Narasi Positif BUMN: Kementerian BUMN Dorong Revolusi Komunikasi Digital Lewat AI dan Peran Karyawan sebagai Duta Perusahaan

radarikn.id
  • Juru Bicara Kementerian BUMN, Putri Violla, menyampaikan bahwa komunikasi di era keterbukaan informasi menuntut pendekatan yang adaptif dan kolaboratif, tidak hanya dari institusi, tetapi juga dari individu di dalam perusahaan.
  • Senin, 21 Juli 2025 - 19:25 WIB | Sis

Balikpapan, RADARIKN – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyelenggarakan Workshop Komunikasi dan Optimasi AI pada 17–18 Juli 2025 di Swiss-Belhotel, Balikpapan.
Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari berbagai BUMN, yang terdiri atas praktisi komunikasi perusahaan, dan pimpinan wilayah.

Workshop ini bertujuan untuk memperkuat fungsi komunikasi korporat dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelegent (AI) dalam penyebaran informasi positif yang kredibel, strategis, dan berdampak luas di era digital.

Sebagai narasumber pembuka, Juru Bicara Kementerian BUMN, Putri Violla, menyampaikan bahwa komunikasi di era keterbukaan informasi menuntut pendekatan yang adaptif dan kolaboratif, tidak hanya dari institusi, tetapi juga dari individu di dalam perusahaan. Menurutnya, karyawan memiliki potensi besar untuk menjadi duta perusahaan dalam menyuarakan pencapaian dan kontribusi BUMN kepada publik secara lebih humanis dan relevan.

“Di tengah derasnya informasi saat ini, kekuatan komunikasi tidak hanya terletak pada strategi institusi, tetapi juga pada kekuatan individu. Karyawan adalah wajah BUMN yang paling autentik. Dengan keterampilan komunikasi digital dan pemanfaatan teknologi seperti AI, mereka mampu menjadi penyambung pesan kebaikan yang berdampak luas di masyarakat,” ujar Putri Violla.

Workshop ini menghadirkan berbagai narasumber yang membahas strategi komunikasi dari sudut pandang praktikal dan teknologi. Turut hadir Teuku Gandawan Xasir yang membahas pengenalan dan pemanfaatan AI dalam strategi komunikasi digital. Materi kemudian dilanjutkan oleh Reynaldi Francois, CEO Zando Agency sekaligus Co-Founder Aico Community, yang memberikan pelatihan teknis tentang pembuatan akun dan konten media sosial berbasis AI.

I Gede Suhendra, Head of Department Corporate Communication IFG, menyoroti pentingnya keterlibatan aktif karyawan dalam membangun citra perusahaan. Dalam sesinya, ia memaparkan bagaimana optimalisasi engagement karyawan melalui media sosial dapat memperkuat employer branding, memperluas jangkauan komunikasi perusahaan, dan menciptakan hubungan emosional yang lebih kuat antara perusahaan dan publik.

Pada hari kedua, peserta diajak untuk melakukan kunjungan lapangan ke tiga aset strategis BUMN di wilayah Kalimantan Timur. Lokasi yang dikunjungi antara lain Bandara VVIP IKN yang dibangun oleh Hutama Karya, Rumah Susun ASN yang dikerjakan oleh PT PP (Persero), dan Rumah BUMN Balikpapan. Kegiatan ini dirancang sebagai sarana praktik langsung bagi peserta untuk memproduksi konten dan menyampaikan narasi positif tentang pembangunan nasional oleh BUMN, dengan pendekatan kreatif dan berorientasi pada publik digital.

Workshop ini tidak hanya menjadi ajang penguatan kapasitas komunikasi insan BUMN, tetapi juga menjadi wujud nyata kontribusi BUMN dalam mendukung visi pembangunanan nasional melalui Asta Cita Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto. Melalui pemanfaatan teknologi komunikasi dan pemberdayaan sumber daya manusia yang adaptif, BUMN turut memperkuat ketahanan ekonomi nasional berbasis keunggulan teknologi dan informasi.

Komunikasi yang kuat, strategis, dan menyeluruh akan menjadi jembatan yang menghubungkan cita-cita pembangunan dengan pemahaman publik. Narasi besar bangsa tidak akan sampai hanya melalui infrastruktur dan angka, tetapi melalui cerita-cerita yang dikisahkan secara inspiratif oleh para pelaku pembangunan itu sendiri—dalam hal ini, para karyawan BUMN yang siap menjadi duta komunikasi di panggung digital dunia.

Leave a Comment