
Pertamina Dorong Jurnalis Produksi Karya Jurnalistik Berkualitas Lewat Bootcamp AJP Teritori Jawa Bagian Tengah

- Pertamina Patra Niaga menggelar Bootcamp Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) Teritori Jawa Bagian Tengah bagi insan pers yang berasal dari provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Rangkaian kegiatan berlangsung sejak Senin hingga Rabu (28-30/7) dengan mengunjungi beberapa lokasi liputan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) mapun fasilitas operasi di Semarang dan Solo.
Surabaya, RADARIKN -- Sebagai implementasi komitmen Pertamina dalam mendorong karya jurnalistik berkualitas, mengedukasi dan menginspirasi, Pertamina Patra Niaga menggelar Bootcamp Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) Teritori Jawa Bagian Tengah bagi insan pers yang berasal dari provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Rangkaian kegiatan berlangsung sejak Senin hingga Rabu (28-30/7) dengan mengunjungi beberapa lokasi liputan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) mapun fasilitas operasi di Semarang dan Solo.
Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah selaku panitia teritori berkolaborasi dengan entitas Pertamina grup lainnya diantaranya Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit IV Cilacap dan Pertamina Gas Negara Sales Operation Region III.
Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Taufiq Kurniawan dalam sambutannya mengungkapkan Bootcamp AJP merupakan cara untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada rekan-rekan media dalam menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas untuk nantinya ditandingkan dalam ajang bergengsi jurnalistik tahunan dari Pertamina.
”Tidak hanya kami datangkan sejumlah narasumber untuk berbagi inspirasi, tapi kami juga mengajak untuk melihat langsung objek liputan unggulan yang ada di wilayah kami. Tujuannya agar dapat langsung digali dan diolah menjadi suatu berita yang informatif untuk masyarakat, sekaligus menjadi karya jurnalistik yang berkualitas,” pungkasnya.
Salah satu lokasi kunjungan yakni program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kawasan Mangrove Edupark Tambakrejo sekaligus kegiatan penanaman mangrove, unit operasi PT Kalimantan Jawa Gas (KJG), lokasi TJSL pertanian dan peternakan terintegrasi inklusif Pandawa Patra, dan SPBU 44572128 Pedaringan sebagai outlet Pertamax Green di wilayah Solo.
Puncak kegiatan dilangsungkan di kota Surabaya, tepatnya di kantor utama Pertamina Gas Negara Sales Operation Region III dengan menghadirkan sharing session dari sejumlah narasumber, di antaranya Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso; salah satu Dewan Juri AJP Nasional, Beawiharta; pemenang Best of The Best AJP Nasional pada tahun 2023 dan 2024, Kekson Fole Salukh (Victory News Nusa Tenggara Timur) dan Mardans Whaisman (TVRI Kalimantan Timur); Senior Officer Media Communication PT Pertamina Patra Niaga, Reno Fri Daryanto; serta perwakilan dari Pertamina Gas Negara dan Kilang Pertamina Internasional.
Taufiq berharap, salah satu jurnalis yang ada di wilayahnya berhasil menjadi peraih kategori Best of The Best di AJP 2025, yaitu tidak hanya menjadi pemenang kategori tertentu di skala teritori maupun nasional, tapi juga menjadi pemenang terbaik dari seluruh karya yang masuk.
”Tentu jadi kebanggaan tersendiri bagi kami sebagai pelaksana AJP Teritori Jawa Bagian Tengah apabila ada karya jurnalistik di wilayah kami yang menjadi terbaik di antara karya-karya lainnya dari seluruh Indonesia,” tambahnya.
Di sela sesi sharing session yang dibawakan, VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengapresiasi kegiatan Bootcamp AJP yang dijalankan karena merupakan sosialisasi AJP pertama di tingkat teritori di antara teritori lainnya.
”Semakin awal kegiatan serupa ini diterima oleh para awak media, maka kesempatan rekan-rekan jurnalis untuk menciptakan karya yang berkualitas akan semakin panjang, sehingga kemungkinan untuk menang bisa semakin besar,” kata Fadjar.
Fadjar menyampaikan, tema AJP 2025 yang diangkat adalah Energizing Indonesia dengan 4 pilar utama yang mendukung tema utama tersebut.
”Karya jurnalistik dari para peserta dapat menggambarkan peran strategis Pertamina dalam memberikan energi Indonesia berdasarkan 4 pilar, di antaranya swasembada energi, energi hijau, bisnis berkelanjutan, dan energi masyarakat,” tuturnya.
Fotografer Senior Reuters, Beawiharta yang telah menjadi juri AJP di setiap tahunnya, membagikan beberapa hal yang kunci keberhasilan untuk meraih hati dan penilaian bagi para dewan juri.
“Bertahun-tahun saya menjadi juri AJP nasional, saya melihat ada kesamaan pada setiap karya yang menjadi Best of The Best AJP, meskipun berbeda karakter peserta. Yaitu ada pelibatan rasa dari karya yang mampu diciptakan, meskipun dengan keterbatasan media yang dia punya, baik itu secara tulisan, audio, maupun visual,” tutur Bea.
Larasati Preyma dari IDN Times di wilayah Solo merasa senang diikutkan menjadi salah satu peserta pada rangkaian Bootcamp AJP Teritori Jawa Bagian Tengah.
“Ilmu, pengalaman, masukan, serta saran yang dibagikan oleh dewan juri dan para pemenang AJP di tahun-tahun sebelumnya sangat menarik dan berharga sekali. Saya sangat terinspirasi untuk membuat karya yang lebih bagus lagi,” pungkas Larasati.
Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target net zero emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.
Leave a Comment