Kementerian PANRB Gali Potensi Pegawai Lewat ‘Assessment Center’

radarikn.id
  • Kementerian PANRB rutin mengadakan _assessment center_ yang diikuti para pegawai minimal dua tahun sekali.
  • Senin, 27 September 2021 - 21:00 WIB | Ipeh

Jakarta, GPSIndonesia – Assessment Center menjadi salah satu langkah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk menggali potensi pegawai.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih mengatakan, kegiatan ini juga menjadi dasar dalam melakukan pengembangan kapasitas dan kompetensi pegawai.

“Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk pengembangan karier dan juga diri pegawai. _Assessment_ ini juga menjadi cara membangun manajemen talenta di internal Kementerian PANRB,” ujarnya saat membuka _Assessment Center_ secara daring beberapa waktu lalu.

Kementerian PANRB rutin mengadakan _assessment center_ yang diikuti para pegawai minimal dua tahun sekali. Kegiatan ini juga tetap digelar di tengah pandemi Covid-19 dengan melakukan sejumlah penyesuaian terhadap metode _assessment center_ agar dapat mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Senior Konsultan Iradat Anny Andayani memastikan bahwa penyesuaian metode ini tidak berdampak pada hasil _assessment center_ apabila dibandingkan dengan yang telah dilakukan sebelum pandemi. “Bedanya dengan _assessment center_ yang lalu hanyalah kombinasi pelaksanaan luring dan daring, juga lebih banyak menggunakan tes berbasis komputer dari pada kertas, itu saja,” terangnya, Senin (27/09).

Anny juga menjelaskan bahwa _assessment center_ mendukung kebijakan _talent mapping_ Kementerian PANRB. Hasil _assessment center_ ini nantinya menjadi data dalam sembilan kotak _(nine box)_ manajemen talenta yang digunakan untuk menunjukkan sekumpulan pegawai ASN berdasarkan tingkatan potensial dan kinerja.

“Kalau pegawai berada di kotak-kotak bagian bawah itu, kan, perlu dikembangkan. Hasil _asssesment_ ini akan memberi tahu kita bagian mana yang harus dikembangkan,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut Analis Berita pada Sekretariat Kementerian PANRB Nani Permata Sari menyambut antusias pelaksanaan _assessment center_ bagi pegawai pelaksana ini. Ia menuturkan bahwa ada beragam manfaat yang diperoleh tidak hanya untuk organisasi, tetapi juga untuk individu.

“Adanya _assessment center_ memberi kesempatan pegawai untuk memahami kompetensi yang dimiliki, sehingga mengetahui lebih jauh potensi yang bisa dikembangkan,” jelasnya.

Sebelumnya, rangkaian _assessment center_ juga telah dilakukan pada 22-23 September 2021 secara daring, dengan tes perihal pengalaman pribadi, dan beberapa inventori lainnya. _Assessment center_ secara luring yang diikuti oleh 84 pegawai akan dilaksanakan selama empat hari hingga 30 September 2021 sebagai upaya mencegah kerumunan dan pelaksanaan protokol kesehatan maksimal.

Leave a Comment