Bamsoet Puji Kinerja Polri Dibawah Kepemimpinan Listyo Sigit

radarikn.id
  • Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet).  (Kompas.com/Fitria Chusna Farisa)
  • Minggu, 02 Juli 2023 - 15:25 WIB | Azkayra

Ketua MPR RI yang juga menjadi Warga Kehormatan Korps Brimob Polri Bambang Soesatyo (Bamsoet), memuji berbagai prestasi Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Sejak Januari 2021, Polri telah melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kinerjanya di masyarakat.

“Hasilnya terlihat dari survei Indikator Politik Indonesia pada April 2023 yang menunjukkan peningkatan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri menjadi 73,2 persen. Hasil dari Populi Center juga menunjukkan peningkatan kepercayaan publik terhadap Polri dalam satu bulan terakhir, yaitu dari 67 persen pada Mei 2023 menjadi 72,7 persen menurut survei Juni 2023,” katanya setelah menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-77 Hari Bhayangkara di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (1/7/23).

Sebagai mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan, Bambang menjelaskan bahwa meskipun telah mencapai berbagai prestasi, Polri masih memerlukan perbaikan agar semakin diterima oleh masyarakat. Terutama dalam menghadapi era Police 4.0 dengan mengintegrasikan teknologi informasi untuk mendukung kinerja institusi Polri.

“Dengan demikian, Polri Presisi bisa terwujud melalui peningkatan kinerja personel dan institusi Polri dalam melayani, menjaga, dan melindungi masyarakat,” jelasnya.

Bambang menjelaskan bahwa Polri juga harus menghadapi berbagai tantangan dalam penegakan hukum. Polri tidak boleh menunggu sampai kasus menjadi viral baru turun tangan. Polri harus selalu hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap keadilan dan penegakan hukum, tanpa harus tergantung pada popularitas.

Menyambut Pemilu 2024 yang sudah di depan mata, Polri juga menghadapi tantangan yang tidak mudah. Terutama dalam menjaga netralitas personelnya agar Polri tidak terlibat dalam konflik yang timbul akibat Pemilu. Polri harus tetap kokoh sebagai penjaga dan pelindung masyarakat, menjalankan tugasnya dengan tegak dan berintegritas.

Menutup pernyataannya, Bambang mengungkapkan harapannya bahwa Polri terus melakukan transformasi yang presisi, berinovasi dengan teknologi informasi, serta terus memperbaiki kinerjanya.

“Dengan demikian, Polri akan semakin dekat dengan masyarakat dan mampu menjawab tantangan-tantangan yang ada dengan baik,” ucapnya.

Leave a Comment