Soal PDIP Bakal Jadi Oposisi Pemerintah, Jokowi: Tanya Sama Beliau

radarikn.id
  • Presiden Jokowi meresmikan RS PPN Panglima Besar Soedirman dan 20 rumah sakit TNI lainnya, Senin (19/02/2024), di RS PPN Panglima Besar Soedirman, Bintaro, Jakarta. (Foto: BPMI Setpres)
  • Senin, 19 Februari 2024 - 13:55 WIB | Azkayra

Jakarta, RADARIKN -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons kabar soal PDI Perjuangan yang bakal menjadi oposisi di pemerintahan mendatang. 

Jokowi meminta hal tersebut untuk ditanyakan lebih lanjut kepada para pengurus di PDIP

"Ya ditanyakan saja kepada beliau-beliau yang ada di PDIP," kata Jokowi usai meresmikan Rumah Sakit Pertahanan Negara Panglima Besar Jenderal Sudirman dan Rumah Sakit TNI di Bintaro, Senin (19/2/24).

Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan, PDIP siap menjadi oposisi di luar pemerintahan dan parlemen, untuk menjalankan tugas check and balance.

Hasto mengatakan, berkaca pada periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi, kekuasaan yang terpusat memunculkan kemampuan untuk melakukan manipulasi sehingga dibutuhkan check and balance.

“Ketika PDI Perjuangan berada di luar pemerintahan tahun 2004 dan 2009, kami banyak diapresiasi karena peran serta meningkatkan kualitas demokrasi. Bahkan, tugas di luar pemerintahan, suatu tugas yang patriotik bagi pembelaan kepentingan rakyat itu sendiri,” kata Hasto di Gedung High End, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Leave a Comment