
Hari Perhubungan Nasional 2025: PT KAI Daop 1 Jakarta Teguhkan Bakti Transportasi untuk Negeri

- Melalui momentum Harhubnas 2025 ini, PT KAI Daop 1 Jakarta mengajak seluruh insan perkeretaapian untuk terus menumbuhkan semangat pengabdian dalam setiap aspek pelayanan. Hal ini merupakan bentuk kontribusi nyata KAI dalam memperkuat transportasi publik sebagai pilar pembangunan nasional.
Jakarta, RADARIKN – Dalam momentum peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2025 yang mengusung tema “Bakti Transportasi untuk Negeri”, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta menegaskan komitmennya untuk terus memberikan pelayanan transportasi terbaik bagi masyarakat.
Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menyampaikan bahwa makna bakti bagi KAI adalah menghadirkan layanan transportasi publik yang aman, nyaman, tepat waktu, serta inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat.
“Kereta api bukan hanya sarana mobilitas, melainkan juga urat nadi penghubung kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya bangsa. Melalui Hari Perhubungan Nasional ini, kami meneguhkan kembali tekad untuk menjadikan pelayanan transportasi sebagai bentuk pengabdian nyata bagi negeri,” ujar Ixfan.
*Volume Penumpang Daop 1 Jakarta*
*Pada Tahun 2024, Daop 1 Jakarta mencatat volume 10.756.440 pelanggan, terdiri dari:*
KAJJ: 9.403.175 pelanggan
KA Lokal: 1.353.265 pelanggan
*Sepanjang Januari–Agustus 2025, KAI Daop 1 Jakarta telah melayani 6.748.940 pelanggan. Angka tersebut terdiri dari:*
KA Jarak Jauh (KAJJ): 6.598.908 pelanggan
KA Lokal: 1.056.830 pelanggan
*Rincian Per Stasiun Utama – KAJJ (Jan–Ags 2025)*
Stasiun Pasar Senen (PSE): 2.838.914 pelanggan
Stasiun Gambir (GMR): 2.021.257 pelanggan
Stasiun Bekasi (BKS): 889.592 pelanggan
Stasiun Cikampek (CKP): 121.227 pelanggan
Stasiun Cikarang (CKR): 291.289 pelanggan
Stasiun Karawang (KW): 110.272 pelanggan
Stasiun Jatinegara (JNG): 325.981 pelanggan
Stasiun Jakarta Kota (JAKK): 376 pelanggan
KA Lokal pelanggan terbanyak Naik dari Stasiun Sukabumi sebanyak 518.828 pelanggan, Bogor sebanyak 181.917 pelanggan, Bogor Paledang 162.207 pelanggan dan sisanya dari stasiun lainnya lintas Bogor – Sukabumi sebanyak 193.878 pelanggan.
Komitmen Ramah Lingkungan dan Integrasi Moda
Selain itu, Ixfan menegaskan bahwa KAI terus berkomitmen menghadirkan transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Upaya ini sejalan dengan misi global menuju green mobility, sekaligus mendukung target nasional dalam pengurangan emisi karbon.
“Bakti transportasi juga berarti membangun sinergi dengan pemerintah pusat, daerah, maupun operator transportasi lain agar integrasi moda semakin baik, sehingga masyarakat bisa merasakan kemudahan dalam setiap perjalanan,” tambahnya.
Melalui momentum Harhubnas 2025 ini, PT KAI Daop 1 Jakarta mengajak seluruh insan perkeretaapian untuk terus menumbuhkan semangat pengabdian dalam setiap aspek pelayanan. Hal ini merupakan bentuk kontribusi nyata KAI dalam memperkuat transportasi publik sebagai pilar pembangunan nasional.
Leave a Comment