PNM Mekaar Bakal Sentuh 20 Juta Nasabah, Erick Thohir: Berkat Presiden Jokowi

radarikn.id
  • Menteri BUMN Erick Thohir pada acara di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur, pada Senin, (12/02/24). Foto dok Kementerian BUMN
  • Selasa, 13 Februari 2024 - 07:55 WIB | Azkayra

Jakarta, RADARIKN -- Menteri BUMN Erick Thohir Program PNM Mekaar terus menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan. Menurutnya, dukungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi merupakan faktor penting hingga program tersebut meluas seperti saat ini. Tanpa dukungan Presiden, Erick menegaskan, program tersebut mustahil akan menyentuh 20 juta nasabah tahun ini. 

Erick menyebutkan, Presiden telah mengedepankan perhatian terhadap perkembangan Ultra Mikro di Indonesia melalui program PNM Mekaar. Erick mengungkapkan hal tersebut pada acara di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur, pada Senin, (12/02/24).

Pertumbuhan jumlah nasabah PNM Mekaar, menurut Erick, terjadi juga karena pendampingan yang baik kepada seluruh nasabah. PNM juga sukses melakukan pembinaan berkelanjutan kepada nasabahnya hingga dapat membentuk ekosistem pengusaha kecil yang jujur, disiplin, dan mau kerja keras. Hal ini terbukti dengan kinerja baik para nasabah. 

"Sesuai dengan arahan Presiden RI, sejak awal saya jadi Menteri BUMN, saya meyakini bahwa UMKM itu harus menjadi landasan ekonomi nasional, sehingga tidak hanya yang besar saja yang terus berkembang, namun yang kecil juga harus terus bertumbuh untuk menjadi pengusaha UMKM yang makin tinggi kelasnya, dan menjadi besar juga," kata Erick.

Program PNM Mekaar, kata Erick, merupakan program yang efektif mendorong pengusaha ultra mikro agar naik kelas menjadi pengusaha mikro. Atas dukungan Presiden, Erick meyakini bahwa akan ada 1 juta pengusaha ultra mikro yang naik kelas menjadi Mikro. 

Kenaikan status pengusaha ultra mikro menjadi mikro ini, menurut Erick, jangan dianggap remeh. Sebab, Program PNM Mekaar telah menjadi bukti bahwa BUMN berhasil membantu ultra mikro di Indonesia dalam perbaikan ekonomi di tingkat keluarga prasejahtera. 

Program PNM Mekaar, kata Erick, telah menjadi salah satu penyelamat perekonomian Indonesia saat merangkak bangkit usai didera Pandemi Covid-19. Keseluruhan pencapaian ini, ujar Erick, didapat ibuibu nasabah Mekaar melalui bantuan yang difasilitasi oleh PNM sebagai anak usaha BRI yang difokuskan untuk pembiayaan ultra mikro. 

Perhelatan ini terselenggarakan karena kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan BRI beserta anak usahanya, yaitu PNM dan Pegadaian. Turut memberi dukungan RNI, dimana sekitar 5.000 ibuibu nasabah Mekaar ikut hadir. 

Acara ini diwarnai berbagai kegiatan yang menarik, diantaranya bincang motivasional antara Erick Thohir dengan perwakilan ibu-ibu nasabah Mekaar, kelas memasak oleh Chef Norman, hingga hiburan oleh MC Edo Dower & Didiy Mangunredjo. Acara tersebut ditutup dengan hiburan oleh penyanyi dangdut Ghea Youbi.

Turut mendampingi Erick Thohir, hadir Direktur Utama BRI Sunarso, Direktur Utama PNM Arief Mulyadi, Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan, dan Direktur Utama RNI Frans Marganda Tambunan. Disamping itu, Ibu-ibu nasabah Mekaar juga mendapatkan paket sembako serta berkesempatan untuk memenangkan doorprize dengan hadiah utama sepeda motor.

Leave a Comment