HK Realtindo Kelola 17 Rest Area untuk Optimalkan Pelayanan Tol Trans Sumatera

radarikn.id
  • Per 1 September 2025, HKR resmi menambah portofolio bisnis dengan mengelola Rest Area KM 118 A dan KM 119 B di ruas Tol Indrapura – Kisaran (INKIS). Dengan ekspansi ini, total rest area yang dikelola HKR kini mencapai 17 lokasi strategis di jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang terdiri dari 9 Rest Area di ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (TERPEKA), 2 Rest Area di ruas Indralaya – Prabumulih (INPRABU), 4 Rest Area di ruas Pekanbaru – Dumai (PERMAI), serta 2 Rest Area terbaru di ruas Indrapura – Kisaran (INKIS).
  • Senin, 15 September 2025 - 10:10 WIB | Sis

Jakarta, RADARIKN -- PT HK Realtindo (HKR), anak Perusahaan PT Hutama Karya (Persero),  terus memperluas kiprahnya di sektor pengelolaan Rest Area.

Per 1 September 2025, HKR resmi menambah portofolio bisnis dengan mengelola Rest Area KM 118 A dan KM 119 B di ruas Tol Indrapura – Kisaran (INKIS). Dengan ekspansi ini, total rest area yang dikelola HKR kini mencapai 17 lokasi strategis di jaringan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang terdiri dari 9 Rest Area di ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (TERPEKA), 2 Rest Area di ruas Indralaya – Prabumulih (INPRABU), 4 Rest Area di ruas Pekanbaru – Dumai (PERMAI), serta 2 Rest Area terbaru di ruas Indrapura – Kisaran (INKIS).

Rest area ini berperan penting dalam melayani lonjakan arus kendaraan yang terus meningkat. Data terbaru mencatat, rata-rata lebih dari 250.000 kendaraan melintasi JTTS setiap hari, dengan puncaknya mencapai hampir 3 juta kendaraan selama periode Mudik Lebaran 2025. Ini menandakan peran rest area semakin krusial, tak hanya sebagai tempat berhenti, tapi juga penunjang utama kenyamanan pengguna jalan.

“Rest area bukan lagi sekadar tempat singgah. Kami ingin menjadikannya sebagai ruang istirahat yang nyaman, bersih, dan ramah keluarga,” ujar M. Reza Arisandy, Plt. Direktur Bisnis dan Teknik HKR. "Ekspansi ini juga memperkuat posisi HKR di sektor properti dan _hospitality_ nasional.”

Rest Area INKIS KM 118 A dan KM 119 B dirancang sebagai pusat layanan terpadu dengan berbagai fasilitas, di antaranya area parkir yang mampu menampung ratusan kendaraan untuk kendaraan pribadi, bis hingga truk, tempat ibadah, toilet bersih (termasuk difabel), SPBU, beragam pilihan kuliner, tenant UMKM lokal, serta ruang terbuka hijau dan taman bermain anak.

Dari sisi keamanan dan layanan darurat, rest area ini juga dilengkapi dengan posko siaga kesehatan, ruang laktasi, dan layanan ambulans, bengkel dan fasilitas derek kendaraan, petugas keamanan yang berjaga 24 jam. Fasilitas tersebut membuat rest area INKIS tidak hanya menjadi titik singgah, tetapi juga bagian penting dalam mendukung perjalanan panjang, terutama saat arus mudik Lebaran maupun Natal dan Tahun Baru (NATARU).

Pengelolaan rest area kini menjadi salah satu pilar bisnis utama HKR. Selain itu, keberadaannya juga membuka peluang bagi UMKM lokal, menciptakan lapangan kerja, dan memperkuat ekosistem ekonomi daerah. HKR juga berencana untuk menghadirkan tenant besar dan merek nasional untuk meningkatkan daya tarik dan jumlah kunjungan. Strategi ini diharapkan dapat memberikan efek berganda (multiplier effect) yang positif, tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi pertumbuhan ekonomi lokal.

“Dengan ekspansi ini, HKR memperkuat komitmennya untuk menghadirkan layanan prima di rest area dan mendukung operasional Jalan Tol Trans Sumatera yang terus berkembang, serta menghadirkan manfaat nyata bagi masyarakat dan seluruh stakeholder,” tutup M. Reza Arisandy Plt. Direktur Bisnis dan Teknik PT HK Realtindo.

_____

Tentang PT HK Realtindo
PT HK Realtindo adalah anak usaha PT Hutama Karya (Persero) yang bergerak di bidang pengembangan properti, konstruksi, serta pengelolaan aset dan hotel. Dengan pengalaman luas dan komitmen tinggi terhadap kualitas, perusahaan ini terus berinovasi dalam menciptakan hunian, ruang usaha, dan akomodasi modern yang terjangkau dan bernilai tambah.

Leave a Comment