Tol Terpeka Jadi Koridor Strategis JTTS Penghubung Lampung - Sumsel

radarikn.id
  • Tol Terpeka membawa pengaruh signifikan terhadap efisiensi perjalanan, sebelum Tol Terpeka beroperasi, perjalanan dari Terbanggi Besar menuju Kayu Agung dapat memakan waktu 4 hingga 5 jam melalui jalan nasional. Kini, dengan adanya tol, waktu tempuhnya berkurang drastis menjadi sekitar 1,5 hingga 2 jam.
  • Selasa, 18 November 2025 - 14:30 WIB | Deka

Lampung, RADARIKN – PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) terus mengembangkan dan mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sebagai upaya memperkuat konektivitas dan mendorong pertumbuhan kawasan di Pulau Sumatra. Salah satu ruas utama yang memiliki peran signifikan dalam mendukung mobilitas masyarakat serta kelancaran distribusi logistik adalah Tol Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung (Terpeka).
 
Beroperasi sejak akhir 2019, Tol Terpeka membentang sepanjang 189 kilometer, ini dilengkapi dengan infrastruktur pendukung seperti Gerbang Tol (GT) Kayu Agung Utama,  Gerbang Tol Kayu Agung serta _Interchange_ (IC) Kayu Agung.
 
Tol Terpeka yang dikelola Hutama Karya membentang dari Terbanggi Besar KM 140+900 sampai dengan Kayu Agung KM 330+100, sementara untuk KM selanjutnya berada di luar kelolaan dan operasional Hutama Karya. Dengan panjang tersebut, Hutama Karya senantiasa menerapkan pelayanan optimal dan terstandardisasi untuk memastikan pelayanan dan kualitas yang baik di seluruh jalan tol yang dikelola tetap terjaga. Selain itu, Hutama Karya juga memastikan seluruh informasi tentang tol kelolaan Hutama Karya dapat diakses oleh seluruh pengguna jalan melalui aplikasi _HK Toll Apps_ dan akun resmi Jalan Tol Hutama Karya di @HutamaKaryaTollroad, sehingga pengguna jalan dapat terinformasi dan memahami tol kelolaan yang berada di bawah Hutama Karya.
 
Dengan panjang lintasan yang menghubungkan 2 (dua) Provinsi yaitu Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatra Selatan, Tol Terpeka menjadi simpul penting dalam pergerakan logistik, mobilitas masyarakat, hingga dinamika perekonomian di wilayah sekitarnya. Selain itu, ruas ini juga berfungsi sebagai akses utama menuju berbagai destinasi wisata di Provinsi Lampung bagi pengguna dari arah Sumatra Selatan.
 
Hadirnya Tol Terpeka membawa pengaruh signifikan terhadap efisiensi perjalanan, sebelum Tol Terpeka beroperasi, perjalanan dari Terbanggi Besar menuju Kayu Agung dapat memakan waktu 4 hingga 5 jam melalui jalan nasional. Kini, dengan adanya tol, waktu tempuhnya berkurang drastis menjadi sekitar 1,5 hingga 2 jam.
 
“Efisiensi ini memperlancar distribusi barang, sehingga komoditas pertanian dan perkebunan dapat tiba di tujuan dalam kondisi lebih baik dan mutunya tetap terjaga. Selain itu, keterhubungan yang semakin efisien ini turut menstimulasi aktivitas ekonomi serta mempercepat perkembangan kawasan di sepanjang koridor tol,” tutur Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Mardiansyah
 
Selain fasilitas dasar seperti toilet bersih, musala, dan area UMKM, sejumlah rest area juga menyediakan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) serta SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) guna memenuhi kebutuhan energi pengguna kendaraan konvensional maupun kendaraan Listrik. Saat ini total 9 (Sembilan) rest area  tersebar di titik-titik strategis, yaitu di KM 163 A, KM 172 A, KM 206 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, dan KM 311 A.
 
“Hutama Karya menyiagakan layanan operasional 24 jam yang terhubung dengan control room, meliputi ambulans, mobil derek, patroli jalan tol, serta petugas layanan lalu lintas untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pengguna sepanjang perjalanan,” tambahnya.
 
Mardiansyah menyampaikan bahwa Hutama Karya berharap operasional Tol Terpeka dapat terus memberikan pengalaman berkendara yang aman, nyaman, dan efisien bagi seluruh pengguna jalan.

“Kami berharap Tol Terpeka tidak hanya menjadi jalur penghubung, tetapi juga menghadirkan standar pelayanan yang semakin baik dari waktu ke waktu. Dengan dukungan fasilitas yang lengkap, pemeliharaan yang berkesinambungan, serta layanan operasional yang siaga 24 jam, kami berkomitmen untuk memastikan setiap perjalanan masyarakat berlangsung lebih lancar, selamat, dan bebas hambatan,” tutup Mardiansyah.
 
Jika pengguna jalan tol memiliki keluhan atau masukan terkait Tol Terpeka, dapat menghubungi Call Center Jalan Tol Bagian Sumatera Selatan di 150-700 / 08112-77000 (Whatsapp), atau melalui akun resmi media sosial @HutamaKaryaTollRoad dan @HutamaKarya.

Leave a Comment